Sunday, June 10, 2012

Apa Saja Manfaat Madu Untuk Tubuh

Apa Saja Manfaat Madu Untuk Tubuh? Madu memiliki banyak manfaat, tapi sebenarnya Apa Saja Manfaat Madu Untuk Tubuh? Nah, kali ini saya mau berbagi soal manfaat madu yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh kita.
 
Manfaat Madu Untuk Wajah / Manfaat Madu Untuk Kecantikan
Diantara manfaat madu yang paling banyak digunakan adalah manfaat madu untuk wajah atau kecantikan. Cara umum dan paling terkenal dikalangan perempuan adalah dengan mencampurkan madu dengan putih telur kemudian diusapkan dengan kuas wajah atau dengan tangan langsung pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan campuran madu dan putih telur tersebut selama minimal 30 menit atau kalau mau hasil yang lebih maksimal sebaiknya digunakan sebelum tidur dan dibersihkan nanti pada saat bangun pagi. Cara membersihkannya aga manfaat madu untuk wajah tersebut terasa khasiatnya sesaat setelah digunakan maka bersihkanlah dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari jika ingin melihat hasilnya pada kecantikan anda pada satu bulan akan datang.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan
Dengan mengkumsumsi madu secara rutin sebanyak 2 x 1 sendok makan untuk orang dewasa dan 2 x 1/2 sendok makan setiap harinya maka InsyaAllah manfaat madu untuk kesehatan dapat dirasakan khasiatnya pada berbagai manfaat berikut :
  - Menjaga kesehatan mata
 - Untuk mengobati luka
 - Memperkuat sel darah putih
 - Menambah kesuburan suami istri
 - Penambah tenaga / stamina
 - Menstabilkan tekanan darah
 - Mengobati anemia
 - Mengobati alergi
 - Mencegah osteoporosis
 - Mencegah infeksi pada luka
 - Mengatasi gangguan pernafasan
 - Mengatasi sembelit
 - Menghilangkan gejala penyakit asma
 - Mengatasi gangguan jantung
 - Mengatasi radang tenggorokan
 - Meningkatkan gairah se-ks
 - Mengatasi masalah pencernaan
 - Mengatasipenyakit influenza

Manfaat Madu Untuk Kulit
Khusus untuk kulit madu memiliki banyak sekali manfaat diantaranya digunakan sebagai pelembab kulit wajah, berfungsi sebagai penghilang jerawat yang ampuh, memberikan manfaat sebagai eksfolian atau pembersih sel-sel kulit yang mati, bermanfaat sebagai masker bila dicampur dengan pisang yang telah matang, berguna menyegarkan kulit normal dengan cara dicampur cuka secukupnya, mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah dengan cara dicampurkan susu dengan perbandingan 2 susu : 1 Madu kemudian kaki direndam didalamnya, atau juga bermanfaat sebagai lulur setelah mandi pagi dengan cara mencapmpurkan 1 sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok teh jus lemon dan tiga tetes minyak lavender kemudian dijadikan satu dan diusapkan pada kulit. Masih banyak lagi manfaat madu untuk kulit yang bisa digali yang memberi manfaat untuk anda.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil
Sebelum menjelaskan manfaat madu untuk ibu hamil yang sangat beragam saya peringatkan dulu kalau tips ini hanya cocok bagi yang tidak alergi dengan madu dan kalau ada masalah soal madu sebaiknya dihindari. diantara manfaat madu untuk ibu hamil yaitu jika si ibu hamil tersebut mengalami ganguan nafsu makan maka madu dapat dikomsumsi untuk menguranginya, sebagai pemanis pengganti gula jika si ibu hamil khawatir atas masalah obesitas pada bayinya atau si ibu itu sendiri setelah melahirkan, dan madu juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa mual di 3 bulan pertama masa kehamilan ibu namun tetap dalam batas wajar.

Kandungan Madu Tawon
Banyak sekali kandungan madu tawon atau lebah, diantaranya kandungan madu juga mengandung antibiotika sebagai antibakteri dan antiseptik menjaga luka, madu kaya oleh susunan nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan, mengandung karbohidrat yang dapat langsung diserap tubuh sebagai sumber energi tambahan, mengandung gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) total yaitu minimal 60 % sedangkan jenis gula pereduksi yang terdapat pada madu tidak hanya glukosa dan fruktosa, tetapi juga terdapat maltosa dan dekstrin, serta mengandung mikro nutrien (garam galina, vitamin dan asam amino) serta masih banyak lagi kandungannya yang tidak bisa saya ungkap semua.

Jenis Lebah Madu
Jenis lebah madu sangat banyak tapi jenis unggul yang sering dibudidayakan adalah jenis A. Mellifera. Menurut asal-usulnya lebah dibagi 4 jenis berdasar penyebarannya:
Apis cerana, diduga berasal dari daratan Asia menyebar sampai Afghanistan, Cina maupun Jepang.
Apis mellifera, banyak dijumpai di daratan Eropa, misalnya Prancis, Yunani dan Italia serta di daerah sekitar Mediterania.
Apis Dorsata, memiliki ukuran tubuh paling besar dengan daerah penyebaran sub tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan sekitarnya. Penyebarannya di Indonesia merata mulai dari Sumatera sampai Irian.
Apis Florea merupakan spesies terkecil tersebar mulai dari Timur Tengah, India sampai Indonesia. Di Indonesia orang menyebutnya dengan tawon. 

Jenis-jenis madu
Madu memiliki banyak jenis diantaranya adalah madu putih, madu minyak kayu putih, madu klengkeng, madu propolis dan masih banyak lagi jenis madu, tapi umumnya dibedakan berdasarkan sumber makanan dari lebah atau tawon itu sendiri.

No comments:

Post a Comment